Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language (DML) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah dibuat. Perintah yang digunakan, diantaranya :
1. INSERT : Perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukan data baru ke dalam tabel. Penggunaanya setelah database dan tabel selesai dibuat.
2. SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.
3. UPDATE : Perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. Jika Anda memiliki data yang salah atau kutang up to date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya menggunakan perintah UPDATE.
4. DELETE : Perintah ini digunakan untuk mengapus data dari tabel. Biasannya data yang dihapus merupakan data yang sudah tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan.

Komentar

  1. Kita juga punya nih artikel mengenai Data Manipulation Language, silahkan dikunjungi dan dibaca, berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6748/1/Jurnal_Yahya.pdf
    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar