CodeIgniter dan TwitterBootstrap Sistem Akademik Integrasi


Assalamu'alaikum Wr Wb ..
Selamat berjumpa lagi pemirsah..... dini hari ini saya iseng ingin membagi pengalaman membuat aplikasi atau hanya sekedar boring coding setelah 3 hari terakhir bersemangat membuat aplikasi integrasi untuk sebuah perguruan tinggi di banten.
Entah kerasukan apa saya begitu bersemangat menyelesaikan aplikasi terintegrasi ini, hingga alhamdullilah sampai dini hari ini tinggal testing dan implementasi. Lancarnya membuat aplikasi tidak serta merta begitu saja terjadi, ada penyebeb kenapa aplikasi ini cepat di bangun, pertama saya sudah membuat prototype dengan membuat UML (usecase dan erd) dan pengalaman membuat aplikasi SIAKAD sejenis. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan framework CodeIgniter dan TwitterBotsrap.


Ada 3 aplikasi yang saya integrasikan pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)  aplikasi ini bertujuan mendata secara online Penerimaan Mahasiswa Baru untuk memudahkan bagian Panita PMB. Alurnya Calon Mahasiswa membeli formulir pendaftaran di Bank yang sudah bekerjasama dengan Pihak Perguruan Tinggi dari sana mereka mendapatkan PIN sebagai akses login ke Aplikasi PMB. Calon Mahasiswa dapat mengisi pilihan Program Studi, Biodata, Unggah Foto dan mendapatkan Kartu Peserta Ujian yang tertera Ruang Ujian dan Jadwal Ujian.


Proses berikutnya adalah Registrasi Mahasiswa Baru, dari Aplikasi PMB yang sudah dinyatakan LULUS, Calon Mahasiswa membayar Biaya Registrasi di Bank pula .... kemudian mengakses Aplikasi Registrasi Mahasiswa Baru secara online untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) Semester 1 paket.


Setelah melakukan Registrasi data akan mengalir ke Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online. Dari 3 Aplikasi ini sudah dirasakan memudahkan manusia dalam hal pelayanan kepada publik. Pelayanan secara Terpadu adalah tujuan pembuatan Aplikasi ini. 

Dalam Aplikasi SIAKAD mahasiswa dapat mengisi KRS, Melihat Jadwal, KHS dan Entry Wisuda dan akan di kembangkan ke arah yang lebih baik.


Untuk detail aplikasi SIAKAD bisa di akses disini.
Aplikasi ini tidak bisa di katakan sempurna kalau tidak digunakan sama sekali..hehehe.. hanya membuat cape programmer. hahahaha. Semoga dibuatnya 3 Aplikasi ini dapat bermanfaat kedepannya. Aamin.

3 Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi H2H ...



Sekian Terima Kasih.

Komentar

Posting Komentar