Postingan

Menampilkan postingan dari 2016

Aplikasi Koperasi Berbasis Web menggunakan Codeigniter dan Bootstrap

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb.... Kali ini saya akan membahas produk Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam dibuat menggunakan Codeigniter 3 dan Bootstrap untuk interface nya. Setelah lama tidak dikembangan versi sebelumnya menggunakan CI versi 2 kalo tidak salah dan interface EasyUI. Insya Allah saya akan terus kembangkan ke Pembelian dan Penjualan dan Keuangan (Akuntansi). semoga dilancarkan.
Berikut adalah fitur yang ada pada koperasi simpan pinjam. Menu ManajemenUpload Data ExcelLog PenggunaConfigLevel PenggunaJenis SimpananJenis PinjamanLevel AnggotaLevel SimpananMasterProfilPenggunaAnggotaInformasiTransaksiSimpananGenerate Simpanan BulananPenarikanPinjamanPembayaranGenerate Pembayaran BulananPelunasan PinjamanLaporanAnggotaSimpananPenarikanPinjamanPembayaranTunggakanSHUGrafikAnggotaSimpananPenarikanPinjamanPembayaran

Baik kita langsung saja ke penampakan ....

Sistem Informasi Akademik Online Perguruan Tinggi

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb ...
Selamat berjumpa lagi pemirsa di blog's saya yang masih tetep blogspot :).
Kali ini saya akan memaparkan Sistem Informasi Akademik yang sering di sebut SIAKAD, dari embro SIAKAD online yang sebelumnya saya jual khusus Mahasiswa untuk panduan skripsi tapi ternyata banyak juga peminat Perguruan Tinggi untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Akademik maka dengan ini saya harus mengemas lagi produk SIAKAD ini agar bisa diimplementasikan sesuai Perguruan Tinggi. Ada beberapa update yang harus saya tambahkan pada source sebelumnya. Kali ini Sistem Informasi Akademik dengan plus Keuangan agar dapat mengontrol pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) online oleh mahasiswa.

Terdapat 5 Level pengguna pada SIAKAD :
Super Admin (Full  Modul Akses)Admin (Modul Akademik)Keuangan (Modul Keuangan)Dosen (Modul Dosen)Mahasiswa (Modul Mahasiswa)  Berikut Fitur-fitur Sistem Informasi Akademik Online.
MasterSetting Tahun AkademikRuang KuliahPenggunaProgram StudiMata KuliahD…

Web Pascasarjana IAIN SMH Banten

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb .... Pembuatan website Institusi Pascasarjana IAIN SMH Banten menggunakan Laravel 5.3 dengan database Postgresql, merupakan jawaban penasaran terhadap framework Laravel semakin di ulik semakin tau kelebihan2 framework Laravel. Apalagi setelah diupload kehosting yang memang sesungguhnya harus dipersiapkan terlebih dahulu syarat2 agar Laravel dan Postgresql bisa jalan.
Tujuan kenapa saya memadukan dengan postgresql saya ingin membuat integrated data agar bukan hanya informasi website saja akan tetapi mengarah ke Penerimaan Mahasiswa Baru, Sistem Akademik hingga dengan Wisuda dan Alumni.  
Tampilan Backend
Struktur Database yang sudah dibagi Schemas
Sekian terima kasih semoga bermanfaat.

Laravel GIS Google Maps API

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb.
Selamat berjumpa kembali pemirsa, masih dengan Laravel kali ini saya membuat Aplikasi GIS (Geographic Information System) studi kasus pencarian Tempat Wisata di Kota serang. Menu sangat sederhana sekali Kategori, Tempat Wisata dan Pencarian.

Berikut penampakan selengkapnya :

Website Kampus

Gambar
Assalamu'alaikum ....

Pepatah mengatakan "Ala Bisa Karena Biasa" .... :)
Karena ingin terbiasa menggunakan LARAVEL maka saya membuat project kembali, kali ini membangun website Kampus. Tampilan Front-end menggunakan Templates Bootstrap, Back-end menggunakan Semantic UI.

Langsung saja ke penampakannya pemirsa ...

Codeigniter Bootstrap dan PostgreSQL

Gambar
Assalamu'alaikum, selamat berjumpa lagi di blog, pemirsa hanya sekedar share saja apa yang pernah saya buat di perusahaan di daerah Kelapa Gading, sekarang sudah ke serang lagi dengan alasan ingin dekat dengan keluarga dan ada project di cilegon permintaan teman akhirnya saya resign dari company.  Aplikasi yang saya bangun menggunakan Codeigniter 2, bootstrap dan database PostgreSQL. Pengalaman 1 tahun dan menghasilkan banyak pengalaman seru dalam membangun aplikasi-aplikasi. Tapi well lah usernya, tapi yang jadi kendala adalah standarisasi formulir manualnya dan laporan yang di keluarkan yang masih belum ada sehingga memakan waktu dalam analisanya.
Berikut adalah screen shoot lainnya :

Laravel 5 Aplikasi Inventory

Gambar
Assalamu'alaikum, selamat berjumpa lagi pemirsa, masih dengan Laravel yang sebelumnya saya posting, kali ini form-form nya sudah pada jadi kecuali Laporan dan belum ada loginnya. selamat uji coba menggunakan Laravel untuk kasus inventory menurut saya bagus lah, walau pun menemukan kendala pada akses routes nya saat menggunakan ajax request, tapi dengan alasan keamanan well -lah saya kasih jempol. :). Karena penasaran di Eloquent ORM dan Request Ajax di Laravel saya terus mencari referensi nya agar bisa lebih familier dengan Laravel.
Adapun Fitur-fitur aplikasi nya sebagai berikut : PenggunaSatuanBarangSupplierDepartmentPembelian Barang Keluar
berikut adalah penampakanya :

Laravel 5 Ajax Request

Gambar
Assalamu'alaikum, selamat berjumpa lagi pemirsa di blog. Tulisan ini hanya sekedar buat mengingatkan saya bagaimana cara Laravel me-request Ajax, berbeda dengan framework CI yang mudah sekali untuk mengakses Ajax, pada Laravel agak jelimet mungkin baru bagi saya atau alasan security dalam mengakses data, tapi saya suka seperti ini. :).
Seperti biasanya kalo saya membuat aplikasi ada saja data yang harus dicari menggunakan Ajax, kasus kali ini adalah mencari field satuan dari parameter nama barang, seperti contoh di gambar 
Jika  dipilih 1 (nama barang) akan muncul point 2 (satuan), ini di request menggunakan Ajax. $("#m_barang_id").on('change',function(){ var url = "/laravel_invontory/public/barang"; var barang_id = $(this).val(); $.get(url + '/' + barang_id, function (data) { $('#satuan').val(data.satuan); }); }); Nama objek nya m_barang_id dengan event change, saya akan me-request pada url (url nya m…

Kombinasi Laravel, Semantic UI dan dataTables

Gambar
Ntah iseng atau lagi ngidam laravel bro ...:)...
Nyoba2 bikin aplikasi inventory kombinasi Laravel, Semantic ui, dataTables. walau pun agak masih asing dengan semantic ui tapi harus di coba pelan2 bro ... biar gak monoton pakai bootstrap, ternyata dataTables telah support semantic ui bro...

Dari pengalaman saya pakai framework PHP mulai dari Codeigniter ... CakePHP ... Laravel kyknya nyangkut di Laravel dech . Dengan pertimbangan Eloquent ORM Laravel nya lah saya jatuh hati atau mungkin nanti fitur-fitur lain yang belum saya coba bro.... Tapi dari ke 3 framework tersebut masing-masing punya kelebihan. Apa kelebihannya .... ??? di google juga banyak kale bro yang bahas :)

semoga perkenalan dengan Laravel dan Semantic UI nya berlajut ... to be continue

Laravel Debugbar

Gambar
Dalam coding menurut saya paling penting adalah Debuging-nya agar kita tahu proses apa saja yang terjadi, ada Provider tambahan dalam Laravel untuk membantu kita dalam hal ini yaitu menggunakan Laravel Debugbar.

Cara pasangnya sangat mudah sekali langkah pertama kita jalankan perintah
composer require barryvdh/laravel-debugbar pada terminal. Tentunya dalam folder project yang sedang kita kerjakan.


Langkah kedua tambahkan pada file app.php pada folder config di bagian Providers
Barryvdh\Debugbar\ServiceProvider::class,

Langkah ketiga tambahkan juga di bagian aliases
'Debugbar' => Barryvdh\Debugbar\Facade::class,

Langkah keempat jalankan perintah
php artisan vendor:publish --provider="Barryvdh\Debugbar\ServiceProvider" pada terminal.

Debugbar akan berjalan apabila seting APP_DEBUG bernilai true pada file .env
APP_DEBUG=true terakhir adalah hasilnya ....

semoga bermanfaat.

Eloquent ORM Laravel

Gambar
Eloquent ORM (Object Relation Maping) adalah fitur yang sangat saya suka , dengan Eloquent kita bisa dengan mudah Menjalankan Query – query Database. 
Berikut adalah contoh menggunakan Eloquent Laravel. Kita buat 3 table relasi dengan mengunakan fitur Eloquent dengan Relasi One To One

Langkah pertama buat dulu table-table nya.

Table Barangidkodenamasatuan_idjenis_idharga_beliharga_jualTable Jenis Barangidjenis_barangTable Satuanidsatuan kedua buat model dengan mengunakan artisan 

php artisan make:model Barang php artisan make:model JenisBarang php artisan make:model SatuanBarang
Isi Model Barang
namespace App; use Illuminate\Database\Eloquent\Model; class Barang extends Model { protected $table = 'barang'; public function Jenis(){ //one to one table return $this->hasOne('App\JenisBarang','id'); } public function Satuan(){ //one to one table return $this->hasOne('App\SatuanBarang','id'); } public function Be…

Point of Sales (POS) dengan CakePHP dan MySQL

Gambar
Selamat berjumpa lagi pemirsa di blog, kali ini saya akan me-review Aplikasi Point of Sales (POS) dibuat menggunakan Framework CakePHP dan MySQL.
Fitur-fitur sebagai berikut : Jenis BarangSatuanBarangSupplierTransaksi PembelianTransaksi Retur PembelianTransaksi PenjualanTransaksi Retur PenjualanTransaksi Stock OpnameLaporan-laporanGrafik
 Berikut screen shoot :

Aplikasi Akuntansi Jasa dengan CakePHP dan MySQL

Gambar
Selamat berjumpa lagi pemirsa setia blog, kali ini saya akan me-review Aplikasi Akuntansi yang dibangun menggunakan CakePHP 2.7 dan MySQL dengan tampilan bootstrap 3. Telah sekian lama tidak menulis di blog karena aktivitas yang padat pada project ERP PoCIS (Port of Cigading System). 
Langsung saja saya menjabarkan fiture2 nya : Kelompok RekningRekeningSetting PeriodeSetting Saldo AwalTransaksi Jurnal UmumTranskasi Jurnal PenyesuaianLaporan Saldo AwalLaporan Jurnal UmumLaporan Jurnal PenyesuaianLaporan Buku BesarLaporan Neraca SaldoLaproan Neraca LajurLaporan Laba RugiLaporan Neraca Berikut adalah penampakannya :

Sistem Informasi Penggajian dengan Codeigniter dan TwitterBootstrap

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb ....

Selamat berjumpa lagi pemirsa,
Kali ini saya akan membahas tentang Sistem Informasi Penggajian / Aplikasi Payroll.
Fitur yang terdapat pada sistem :
1. Setting (Pengguna, Unit Kerja, Jabatan, Potongan, Penghasilan)
2. Karyawan
3. Transaksi (Potongan, Lembur, Bantuan Cuti, Bonus, THR, Hitung Gaji, Pesangon).
4. Laporan-laporan PDF dan Excel.

Berikut penampakannya permirsa :


Sistem Informasi Laboratorium Perguruan Tinggi

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat berjumpa lagi pemirsa, Sistem Informasi Laboratorium Perguruan Tinggi bertujuan untuk mengelola data mahasiswa dalam laboratorium baik dari segi Penjadwalan, Pengisian Rencana Praktikum dan Penilaian.

Sistem ini dibuat menggunakan Codeigniter 3 dan MySQL tentunya dengan templates bootstrap.

Langsung saja ke penampakan....

Belajar CakePHP Part 2

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb...

Selamat berjumpa lagi pemirsa, lagi semangat membara untuk mengulik Framework CakePHP, kali ini saya mencoba dengan Templates, JQuery, JSON untuk menjajal performa CakePHP. Walau pun pada awalnya tertatih-tatih mempelajarinya tapi kalo sudah niat yang kuat insya allah akan ada hasilnya.

Adapun tujuan awalnya tantangan tempat kerja baru harus memakai framework cakephp tapi dengan perhitungan kecepatan akses data, keamanan data dan kemudahan referensi kayaknya saya akan beralih ke framework ini ... hehehe. Pelajari alur dari Framework terlebih dahulu yang saya suka dari CakePHP adalah debuging-nya. :)

Ayo pemirsa yang baru belajar framework atau native php tidak ada yang tidak bisa kalo anda berusaha dan terus mencari referensi yang bagus. Good Lucy and Good Job ....

Belajar Cakephp

Gambar
Assalamu'alaikum Wr Wb ... Selamat berjumpa lagi pemirsa setia blog, semoga kabar baik menyertai anda. Berawal dari rasa penasaran terhadap framework CakePHP dan di dukung oleh project yang mengharuskan pakai framework CakePHP maka dengan ini saya menyatakan mengoprek .. :v :v :v (kyk uud aja).
Kalo pemirsa ingin mempelajari bahasa framework saran saya sih bikin CRUD dulu :) apa itu Ce eR U De .... silahkan di googling aja .. hehehe..
Dengan bekal Tutorial Video, E Book, cookbook .. etc .. dah sebelum melakukan CRUD agar tidak tersesat kita layak baca teory nya dulu pemirsa.....
baik inilah penampakannya (loch kok langsung ke penampakan cape lah saya seharian ngoprek CRUD ini doang) ... saya coba CakePHP 2.7