Pertumbuhan TIK Nasional oleh DETIKNAS


Senin, 26 November 2012 7:29 WIB. Tak seperti biasa pagi ini saya berkeinginan membukan informasi tentang Perkembangan Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional. Ditemani segelas kopi hangat yang setia temani pagi yang cerah. Jemari pun menghentakan keyboard setelah layar monitor ditampilkan aplikasi web browser dan diketikanlah GOOGLE sebagai tanda pencarian informasi yang kita maksud dan saya memasukan kata "BERITA TEKNOLOGI INFORMASI" .... tak lama Jreeeengggg... tampilah hasil pencarian Mbah GOOGEL, sebagian besar pengguna komputer apabila melakukan pencarian di Internet dan menampilkan hasil pencarian akan mengarahkan pencarian ke baris pertama, saya tidak melakukannya saya seleksi terlebih dahulu alamat website dari hasil pencarian yang ditampilkan GOOGLE, dan tertujulah ke http://www.detiknas.org, sekilas website menampilkan informasi Dewan Informasi dan Komunikasi Nasional, wah... bayangan saya kalo sudah ada kata "DEWAN" berarti ini website yang informasi-nya pasti sangat penting, seperti anggota "DEWAN" yang mewakili kita seolah mereka dianggap "PENTING"... Dan KLIK lah alamat tadi.
Tampilan awal seperti biasa menampilkan informasi berita seputar TIK. Setelah membaca judul-judul berita saya penasaran tentang pembuat website ini, dan tertujulah ke TENTANG KAMI... KLIK...dan tampilah informasi "DeTIKNas atau Dewan Teknologi Nasional adalah lembaga koordinasi eksekutif yang dibentuk dan diketuai oleh Presiden Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 20 Tahun 2006." ..waaaahhh lembaga ini dipayung hukumi SK Presiden, mantaaapp. Baca dan terus membaca ke arah bagian bawah dan sejenak berhenti pada tampilan
Ternyata pemerintah telah merencanakan pembuatan Sistem Informasi yang selama ini saya sama sekali tidak tahu atau mungkin kurang banyak berita tentang TIK. Saya tidak tahu apakah rencana ini sudah terimplementasi atau sama seperti rencana-rencana yang lain yang selalu gagal dalam implementasi.

Harapan dari saya sebagai pelaku Teknologi Informasi rencana-rencana tersebut terearlisasi dan membawa dampak manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya bagi kesejahteraan rakyat indonesia, sesuai dengan idiologi PANCASILA... walah kok sampe ke sana-sana :D, pada prinsipnya kami mengharapkan bangsa kami memiliki sistem yang jelas dan sistem tersebut tidak hanya menguntungkan sebagian kelompok.

Sebagai seorang programmer menciptakan sistem informasi diatas tidak lah sulit dalam membuat code program karena sudah banyak bahasa pemrograman yang menawarkan kemudahannya ditambah dengan hadirnya Framework. Yang menjadikan sulit adalah "BIROKRASI" kita untuk membuat sistem informasi tersebut.



Komentar