Domain Name Service (DNS)


Pengalaman menguji kompetensi TKJ membawa cerita tersendiri dikala siswa mengerjakan sesuatu berhasil tetapi tidak tahu konsep dasar dari apa yang sedang di kerjakannya, seolah-olah "text book thinking", sukur-sukur tidak menconteh. :D. Salah satu uji kompetensi yang di berikan yaitu membuat DNS pada server LINUX distro DEBIAN. Saya paparkan sedikit tentang konsep DNS.

Domian Name Service (DNS) dapat dibayangkan sebagai buku telepon di internet dan jaringan lokal Anda. DNS berfungsi untuk memetakan nama host ke alamat IP dan sebaliknya. DNS menyediakan layanan untuk aplikasi dan host untuk mencari alamat IP dari suatu nama host yang ingin dihubungkannya. 

Dalam bentuknya yang paling sederhana, DNS sebenarnya merupakan kumpulan nama host dan alamat IP. Database ini diperlukan oleh DNS untuk menjalankan fungsinya sebagai penerjemah nama host ke alamat IP atau sebaliknya daru suatu domain yang diwakilinya maupun dari domain lain yang tersimpan didalam cache database DNS tersebut. 

DNS sangat dibutuhkan oleh bebagai macam aplikasi yang terhubung ke internet, untuk menerjemahkan nama host yang dihubungkan dengan  alamat IP yang dimiliki oleh host tersebut. Ketika suatu aplikasi menghubungi www.admin.web.id, maka sebenarnya aplikasi tersebut tidak akan langsung menghubungi www.admin.web.id, tetapi mencari tahu terlebih dahulu alamat IP yang dipakai oleh host tersebut. Dan DNS-lah yang menyediakan layanan tersebut.

Ketika alamat IP sudah diperoleh, maka aplikasi tersebut akan menghubungi alamat IP tersebut, Oleh karena itu, aplikasi DNS merupakan salah satu layanan yang sangat penting di internet, karena tanpanya tidak akan semudah mengingat www.admin.web.id.

Bagaimana DNS Bekerja ?
DNS merupakan sistem database terdistribusi. Terdistribusi disini berarti bahwa server DNS hanya akan menyimpan data nama host atau komputer dari domain yang diwakilinya saja. DNS tersebut tidak menyimpan data host atau komputer dari domain yang tidak diwakilinya. Tetapi server DNS yang saling terpisah tersebut, bagaimanapun juga terkoneksi dan bertukar data dengan server DNS yang lain ketika server tersebut membutuhkan data mengenai komputer atau host yang berada dibawah domain yang diwalikinya.

Di DNS, ada beberapa istilah dan kosep yang perlu dimengerti terlebih dahulu sebelum kita membahas secara rinci konfigurasi DNS. to be continue ...

Komentar