Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2013

Aplikasi Inventory Online Gratis menggunakan JQuery - JSON

Gambar
Dimalam yang sunyi ini saya mau sharing kepada pengunjung setia, program aplikasi inventory ini tadinya dibuat sebagai contoh pembelajaran peserta kursus HDT, dengan menggunakan teknik parsing manggunakan JSON saya coba membuat aplikasi ini agar setiap transaksi tidak terjadi Refresh page, saya sebagai pembuat sadar bahwa program ini banyak sekali kelemahan dan kekurangan, akan tetapi tujuan saya dalam membuat aplikasi ini hanyalah menyampaikan teknik parsing data, dan kemudahan dalam membuat program aplikasi walau pada realitanya peserta kursus masih banyak belum paham, dikarenakan pondasi yang mereka miliki masih kurang cukup mapan dan jam terbang menulis kode program PHP masih lemah. Baiklah tidak banyak basa basi saya tampilkan screen shoot nya, saya juga akan memberikan source code bagi yang beruntung..hehehehe..dah kaya undian aja. :D.
1. Tampilan Login Full image banget .... norak pisan euy..
2. Tampilan Home

Sistem Inventory Online Gratis menggunakan CodeIgniter dan Easy UI

Gambar
Akan segera di-unggah juga Sistem Inventory Online menggunakan Framework CodeIgniter dan EasyUI, jadi kepada pengunjung setia pantau terus perkembangan blog ter-"CINTA" ini. Berikut ini tampilan kasarnya, dari segi database saya akan mengambil database yang telah saya share sebelumnya. Update terbaru "GALAU" dengan warna CSS nya, semoga puas dengan warna yang ada. hehehehe

Sistem Informasi Akuntansi Online Gratis menggunakan CodeIgniter dan EasyUI

Gambar
Pengunjung yang setia akhirnya kita jumpa lagi di Blog ter-CINTA ini :D. Kali ini saya akan menampilkan screen shoot Sistem Informasi Akuntansi Standar, ya dibilang standard banget lah, tapi proses akuntansi-nya dapet. Saya juga akan membagi source program nya untuk dapat dipelajari, tapi sebelumnya harus mengeri CodeIgniter agar lebih afdol. Sistem Informasi Akuntansi ini saya buat menggunakan Framework CodeIgniter dan EasyUI agar tampilannya lebih ciamik.   Fasilitas  yang dibuat disistem ini Rekening/Account, Saldo Awal, Jurnal Umum, Jurnal Penyesuaian, Buku Besar, Neraca, Laporan Rugi Laba dan Penutup.Baiklah langsung saja kita ke screen shoot.
1. Tampilan Home
2. Tampilan Daftar Rekening

Algoritma mengurutkan angka dengan PHP

Gambar
Diawali dengan membaca bismillah saya mencoba posting kembali diblog ter-CINTA ini, selagi mendengarkan kuliah materi Algoritma dan Kopleksitasnya saya coba mengimplementasikan algoritma pengurutan data menggunakan PHP, dasarnya mengunakan fungsi FOR. AlgoritmaDeklarasikan variable angka dengan isi array (31,41,59,26,41,58)Deklarasikan variable jml dari jumlah isi array angkaTampilkan data dari isi array angkauntuk varabel $a = 0 sampai dengan $a <= jml arrayuntuk varable $b = $a sampai dengan $b <= jml arraytampung nilai array angka berdasrkan variable $b, $tmp = $angka[$b]tampung nilai $angka[$b] = $angka[$a]tampung $angka[$a] = $tmpTampilkan data array $angkaSelesai"; } for($a=0;$a<=$jml;$a++){ for($b=$a;$b<=$jml;$b++){ if($angka[$b]<$angka[$a]) { $tmp = $angka[$b]; $angka[$b] = $angka[$a]; $angka[$a] = $tmp; } } } echo "
"; echo "Hasil Urutan data ASC
"; for($i=0;$i<=$jml;$i++){ echo $angka[$i].'
'; } ?> .::…

Membuat CMS dengan CodeIgniter

Gambar
Kali ini saya akan share Capture hasil pembuatan Content Management System (CMS) menggunakan CodeIgniter (CI), selama saya menggunakan Framework CI tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam pembuatan CMS ini, CMS ini sebenarnya hasil pesanan perusahaan travel yang ada dikota kami. Awalnya permintaan simple saja hanya rasa penasaran saya sebagai pembuat CMS terhadap kualitas CMS ini terus mendapat tantangan untuk membuat lebih bagus (versi saya) hehehehe... sah-sah saja apabila anda mengatakan CMS ini jelek atau buruk. Mari kita simak hasil capture CMS yang saya buat.

Tampilan Atas

Menambah User pada Linux Ubuntu Server

Baru kemarin saya mempunyai pengalaman untuk memberikan akses remote server (ssh) kepada user dengan kata lain saya harus memberikan user id & passwordnya. Nah untuk itu saya harus membuat user baru yang sekelas dengan user admin. Pada artikel kal ini saya akan mencoba membuat judul Cara Menambah User pada Linux Ubuntu Server. Langsung aja yah berikut caranya :
Loginlah sebagai root (super admin).Nah untuk menambahkan user baru ketikkan perintah berikut ini : sudo adduser nama_user setelah mengetikkan perintah tersebut anda akan diminta untuk mengisikan password, isilah password yang anda inginkan.Selanjutnya untuk menjadikan privilage user menjadi administartor kita harus memasukkan user tersebut ke dalam group admin, nah caranya sebagai berikut : sudo usermod -a -G admin nama_user Selesai deh, gampangkan - moga bermanfaat yah :).Kemudian ketikan nano /etc/sudoers dan edit isinya sebagai berikut: root ALL=(ALL:ALL) ALL nama_user ALL=(ALL:ALL) ALL

Domain Name Service (DNS)

Gambar
Pengalaman menguji kompetensi TKJ membawa cerita tersendiri dikala siswa mengerjakan sesuatu berhasil tetapi tidak tahu konsep dasar dari apa yang sedang di kerjakannya, seolah-olah "text book thinking", sukur-sukur tidak menconteh. :D. Salah satu uji kompetensi yang di berikan yaitu membuat DNS pada server LINUX distro DEBIAN. Saya paparkan sedikit tentang konsep DNS.

Domian Name Service (DNS) dapat dibayangkan sebagai buku telepon di internet dan jaringan lokal Anda. DNS berfungsi untuk memetakan nama host ke alamat IP dan sebaliknya. DNS menyediakan layanan untuk aplikasi dan host untuk mencari alamat IP dari suatu nama host yang ingin dihubungkannya. 
Dalam bentuknya yang paling sederhana, DNS sebenarnya merupakan kumpulan nama host dan alamat IP. Database ini diperlukan oleh DNS untuk menjalankan fungsinya sebagai penerjemah nama host ke alamat IP atau sebaliknya daru suatu domain yang diwakilinya maupun dari domain lain yang tersimpan didalam cache database DNS tersebu…

E Koperasi menggunakan CodeIgniter dan JQuery

Gambar
Akan segera hadir E-Koperasi menggunakan CodeIgniter (CI) dan JQuery, bagi pengunjung yang baru belajar code program PHP disarankan menggunakan versi sebelumnya karena source code mudah dipelajari kecuali dalam penulisan skripsi membahas CI atau yang mau belajar CI saya sarankan untuk menggunakan yang ini. Bagi yang baru belajar pemrograman PHP dan ingin belajar CI silahkan belajar terlebih dahulu CI-nya dan jangan lupa belajar JQuery nya juga. :D.

Cara Menjalankan Aplikasi Koperasi

Gambar
Bagi pengunjunga yang telah membeli source program koperasi, inventory dan yang lainnya kemudian bingung cara menggunakannya, disini saya akan menjelaskan cara installainya. Persiapan yang harus ada yaitu Web Server, paket web server sudah banyak beredar di Internet seperti XAMPP, WAMP, LAMP, MAMP, VERTIGO, APSERV, versi indonesia DONGKRAK dan yang lainnya. Disini saya menggunakan MAMP untuk webserver di mesin MAC OS X. Setelah mendapatkan source program dan download web server kemudian install web server. Install web server mudah kok tinggal Next ... Next ... Finish, hanya sedikit menentukan posisi file webserver untuk disimpan biasannya default di C. Contoh tampilan XAMPP.

Jawaban UTS dan UAS Mata Kuliah Information Retrieval

Gambar
Soal UTS: 1. Apakah yang dimaksud dgn IR ? 2. Bagaimana cara kerja IR ? Jelaskan dengan detil. 3. Bagaimana masa depan IR? lakukan analisa / research yang mendalam.
Soal UAS :
1. Metode / Algoritma apa saja yang digunakan untuk melakukan IR?
2. Bagaimana perbedaan cara kerja Precision versus Recall, berikan contohnya.
3. Jelaskan Algoritma Web-Crawler yang sederhana, berikan contohnya.

Jawaban UTS :

Setting modem flash dengan kartu Three ,Telkomsel ,XL,Im3

Gambar
Selamat sore pengunjung setia, bagi pengunjung yang baru beli modem Flash ADVAN dan bingung cara pakainya gimana, saya akan share pengalaman menggunakan modem Flash ADVAN. Modem Flash ADVAN ternyata mendukung system operasi MAC OS X, walau dalam kotak dus hanya tertera OS Microsoft. Modem ini secara paket dibundel dengan kartu Telkomsel akan tetapi kalo pengunjung mau menggunakan kartu selain telkomsel juga bisa kok. jadi jangan kawatir.